ATEKinc

kang alif's Blog :D

Pengetahuan dasar VGA CARD [part one]

Apa itu Memory Bus (Bit), Video Memory (Mb), Bandwith (GB/s), dan Kecepatan (DDR)?:



Kayaknya masih banyak yg masih miss leading sama lebar pita data/bit.

Simpelnya,Bit dan jenis memory(DDR)itu nentuin bandwith data memory vga. Bandwith nentuin kcepatan transfer data dari memory buat diproses ama core.bandwith itu bisa dicek pakai gpu-z (berapa GB/s).buat yg udah liat,kalo bingung kenapa bisa dpet hasil segitu,itung2annya besar bit dibagi 8 dikali kecepatan DDR.

Misal:9800gtx.memory bandwithnya 256/8 x 2200(ddr3)=70,4GB/s

Memory Bus (Bit): Ibaratnya pipa ledeng.klo mau dapet air banyak, ya dibikin lebih lebar pipanya.. Tapi, imbasnya vga jadi gede2/makan space banyak.liat aja beda ukuran vga yg 64,128,256,n 512bit.
klo DDR tu data rate per pin, ibaratnya daripada bikin pipanya gede, mending bukaan kerannya aja yg dipolin(arusny yg dibikin kenceng).
sehingga,umumnya kalo teknologi jenis memory vga(DDR)udah mentok,baru bitnya dibikin lebar/vganya kepaksa jadi gede2.

GPU/vga sangat menyukai bandwith yg gede. Makin gede bandwith, makin cepet data2 raw kaya texture,shader,engine fisik n bla2 yg disampaikan di core tiap detiknya.ntar corenya yg ngerender/menterjemahkannya jadi gambar.klo ukuran memory ngaruh ke jumlah data yg bisa disimpen vga,biar ga ngakses hardisk n RAMnya komp sering2.klo udah kekurangan memory(biasanya akibat make texture ultra high atau res yg kegedean atau make AA berlebihan), vga akan sibuk ngeload data dari hardisk n RAM komp n bikin FPS jadi drop drastisss+macrostuttering(ngelag) akibat ada jeda buat nginput data dari hardisk ke memory vga, sama jeda dari memory vga yg ga onboard(RAM komp yg dishare) ke corenya vga.

Bisa dianalogikan seperti mobil ..Torsinya bisa dibilang bandwith, Horse Powernya bisa dibilang si corenya. Tapi ga cuma sekedar core clock. Soalnya core GPU juga terdiri dari ROPs, SPU (klo dulu istilahnya pixelshader&vertexshader),&texturing unit.clocknya rendah tapi klo yg 3tadi gede ya tetep aja kuat..

Contoh,coba aja adu 9800gtx didownclock500MHz sama 9600gt 650MHz.sama2 256 bit,sama2 ddr3 tapi beda jumlah ROPs,SPU n Texturing Unit, tapi 9800gtx bisa lebih kuat.

Tapi kalo badwith dibilang ngaruh di resolusi tinggi bisa dibilang keliru.soalnya spt yg saya bilang diatas,yg lebih bertanggung jawab buat resolusi,texture ama pemakaian AA ya ukuran memory.justru bandwith ngaruhnya di resolusi rendah.klo bandwithnya gede,pasti vganya akan "scaling well" dari res kecil ke gede.tapi klo bandwithnya kecil,vga akan kekurangan tenaga di res rendah.itulah yang disebut dengan bottleneck
gini deh,tau core i7 kan?karna bandwith memory yg dipake gede(ddr3) n bitnya juga gede(1366pin) kmampuannya ngehandel triple SLI jadi meningkat drastis dibandingin Quad core yg pake DDRII dgn 775 pin. corei7 jg nge-eliminate bottleneck quadcore di resolusi rendah (liat benchmark)

Apa itu Reference design? Apa itu OC edition?:

- Tipe Reference Design / Desain Referensi adalah Tipe VGA Original dari pabrik (ATI/NVIDIA). desain, Performa, Clock, Fitur, Bentuk PCB, maupun Pendngin/kipasnya semua original sama seperti yg diperkenalkan oleh ATI/NVIDIA-nya. yang membedakan ialah Distro/Vendor (ASUS, GIGABYTE, GECUBE, Dsb.) hanya menempel logo perusahaannya dan memaket produknya dengan cara sendiri2. Pada dasarnya tipe vga desain referensi semua sama.. hanya dikasih logo saja pada VGAnya.
Contoh pada 4850 Radeon:

Tipe original / desain reference

Sapphire 4850


Power Color 4850


* Bentuk VGA sama antar merek, yg membedakan hanya stiker dan kemasan.



- Tipe Overclock Edition (OC) atau yg disebut non-Reference Design merupakan tipe vga modifikasi dari vendor/Distro (Gecube, ASUS, SAPPHIRE, Dsb). Bentuk PCB, Kipas, Clock, dsb dimodifikasi sedemikian rupa agar VGA lebih dingin, Lebih cepat, dan lebih irit listrik dari VGA Design Reference. Biasanya para Vendor/Distro menaikkan clock, Memory, dsb untuk meningkatkan performa VGA. Tentunya dengan harga yg lebih mahal. Contohnya bisa kita lihat diberbagai produk misalnya; HIS dengan seri ICEQ-nya, PALIT / D.A. dengan seri SONIC-nya, ataupun SAPPHIRE dengan seri TOXIC-nya.
Contoh pada 4850 Radeon:

Tipe OC edition / better cooling



Palit 4850 SONIC / D.A. 4850 SONIC



Sapphire 4850 Toxic




* Bentuk PCB, Kipas, dsb sudah dimodif dari desain originalnya

Mengapa Nvidia Quadro jauh lebih mahal ketimbang Nvidia Geforce?:

1. Sebenarnya,klo diliat secara kasarnya,itu cuma permainan marketing yg bikin vga (ATI n nvidia) biar bisa ngejual teknologi yg mereka punya bt mndatangkan untung lebih banyak (sebenarnya untuk kelangsungan RnD mereka juga seh).soalnya, vga workstation (baik quadro mawpun fireGL of firepro) tu pada dasarnya menggunakan chip yg sama,arsiterktur yang sama,hardware yg sama.yg beda cuma klo di nvidia yg quadro(yg baru2) di lock pake 2 transistor,klo ATI juga kurang lebih begitu..jadi, dgn quadro mereka pengen "mengakali" biar bisa "memeras" keuntungan dari perusahaan2/korporat di dunia creative/desain yg biasanya tajir dan beduid..bayangin aja,dengan cost yg sama utk 1 hardware, mreka bisa naikin harga sampai $3000.

2. Klo dilihat pake prasangka baiknya, tu duid ekstra sbenernya dipake buat bayar RnD mereka buat optimizing driver quadro biar maksimal ngejalanin program2 yg dipake ma industri kreatif tadi.pada tau kan klo program2 kaya MAYA,3Ds MAX,autoCAD n temen2nya itu harganya mencapai 50-60jtan..n kebayang juga kan kerumitan n begitu detailnya tool si program itu,juga bayangin pula berapa banyak programer ahli yg dilibatkan,betapa banyak opsi command n kalkulasi yg disediakan..itu baru software,belum keribetan hardware yg merupakan pusat pengolah dari berbagai instruksi tadi..makanya biaya buat bikin n optimizing drivernya mahal..sekarang,klo si driver yg udah cape2(n mahal2) dibikin juga bisa dijalanin di vga murahan(gaming),mau dibayar pake apa divisi programmer n developer softwarenya si ATI n nvidia..kecuali klo semua gamer juga make program 3d tadi,mungkin harga quadro bisa turun.ini masalah cost n demand..gitu lho ceritanya...

Btw, perbedaan vga gaming n quadro dalam ngejalanin program 3d:
1.vga gaming TIDAK bisa menjalankan proses rendering di gpu.
2.untuk modelling,secara general vga gaming performancenya dibawah 1/3 dari quadro,thanks to crippled driver.
3.vga gaming akan kewalahan klo polygon pada model 3d yg diolah rumit n banyak (ky klo pake meshsmooth di MAX).
4.biasanya klo main program 3d pake vga gaming ada flickeringnya/bug pada beberapa kondisi yg ngeganggu proses modelling.hal ini ga akan dijumpai klo pake vga workstation
5.nah,balik ke soal rendering lagi, bedanya vga workstaton ma CPU dlm ngerender, vga workstation( yg mahal/enthusiastnya) hasilnya lebih bagus krn ada fitur stereo 3d (yg ini saya kurang tau krn jangankan yg mahalan,yg quadro yg murahan aja saya belum pernah make)

Jadi vga gaming biasa bukannya belum tentu bisa ngerender.tapi emang ngga bisa.kecuali klo diunlock n bisa dikenali sebagai quadro trus n diinstal driver quadro.

1 comments:

jessica September 10, 2009 at 12:55 PM  

halo..

wah saya gaptel abis nih, mo buka game on line rencana akhir thn ini. saya liat beberapa on line pendapat dr para geamer tp malah jadi tambah pusing. saya minta tolong nih kira2 utk game on line VGA CARD apa yg bagus, irit listrik dan tidak cepat panas tp harga tidak mahal.
atas perhatiannya saya ucap kan bnyk trimakasih, saya tunggu jawabannya.

Regards,

David.

Post a Comment

Thank You For Your Comments Bro :D You rock!